Rabu, 16 November 2011

MEDIA PENYIMPANAN

1. Harddisk
   

Jumlah/Kapasitas Ruang standart: 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB
Prinsip Kerja: Magnetis

Kelebihan:
  • Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
  • Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun firewire.

Kelemahan:
Karena sifatnya yang rapuh dan tidak tahan guncangan, cakram keras bisa dikategorikan sebagai barang pecah belah

2. Flashdisk


Jumlah/Kapasitas Ruang standart: 64 megabita sampai 512 gigabita.

Prinsip Kerja: Elektromagnetis

Kelebihan:
   Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

Kelemahan:
   Memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada Penggerak kilat USB rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori kilat yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan dengan cakram keras yang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya benar. 

3.CD/DVD










 
Jumlah/ukuran Ruang Standart: bisa mencapai  700 MB

Prinsip Kerja : Optik

Kelebihan:  kemampuan menghapus dan menulis kembali sebuah cakram DVD-RW. Menurut Pioneer, cakram DVD-RW dapat ditulis sekitar 1000 kali, sebanding dengan standar CD-RW Cakram DVD-RW biasanya digunakan untuk tujuan backup, kumpulan berkas, atau home DVD video recorder. Keuntungan lain adalah bila ada kesalahan menulis, cakram masih dapat digunakan dengan cara menghapus data yang salah tersebut.

Kelemahan:  hanya dapat menyimpan sekali tidak dapat diulangi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar